Manfaat peppermint oil secara umum digunakan untuk mengatasi problem kesehatan, menjaga kesehatan tubuh, bahkan menenangkan pikiran.

Peppermint oil dipilih karena mampu memberikan sensasi dingin dan menyenangkan pada tubuh jadi saat ada bagian tubuh yang terasa sakit bisa menggunakan obat alami ini.

Minyak alami ini bersifat anti mikroba yang mampu meringankan masalah pencernaan dan mengatasi masalah bau mulut.

Jadi tidak heran jika banyak orang yang sering mengunyah peppermint. Peppermint mengandung menthone dan mentol yang berdasarkan penelitian bersifat anti-mual, cocok untuk orang yang suka mabuk perjalanan.

10 Manfaat peppermint oil bagi kesehatan

Manfaat alami peppermint oil telah digunakan sejak 1000 SM bahkan ditemukan di piramida Mesir. Berikut ini beberapa manfaat dari peppermint oil:

1. Merawat sinus

Salah satu manfaat alami dari peppermint oil adalah melegakan sinus sekaligus mengatasi tenggorokkan yang gatal.

Minyak alami ini bekerja sebagai ekspektoran alami yang akan mengatasi bronchitis, batuk, asma, pilek dan sinusitis.

2. Meredakan nyeri otot

Minyak alami ini sangat baik untuk menghilangkan rasa nyeri pada punggung, otot bahkan sakit kepala karena stres dan terlalu tegang.

Dari hasil studi menunjukkan jika essential oil peppermint yang dibalurkan pada kulit akan meredakan rasa nyeri  yang berkaitan dengan myofascial pain syndrome atau fibromyalgia.

3. Terapi sendi

Manfaat essential oil ini di antaranya sebagai terapi sendi. Saat sendi terasa kesemutan karena pegal, cukup oleskan essential oil peppermint yang sudah dicampur dengan sedikit essential oil lavender guna mendinginkan otot.

Kurang lebih efeknya sama seperti mandi es, namun membuat kulit tetap kering dan hangat.

4. Mengurangi nafsu makan

Saat dipusingkan dengan berat badan yang terus bertambah setiap bulannya tapi tidak bermaksud untuk mengurangi asupan makanan, maka bisa menggunakan essential oil ini untuk mengurangi nafsu makan.

Hirup essential oil peppermint beberapa saat sebelum makan, sehingga tubuh akan terasa lebih cepat kenyang dan tidak ingin makan camilan.

Bila di Rumah tidak ada diffuser, maka cukup oleskan beberapa tetes essential oil ini di area dada dan pelipis atau cukup hirup secara langsung dari dalam botolnya.

5. Meningkatkan vitalitas

Peppermint merupakan rekomendasi essential oil yang baik untuk tubuh karena mampu meningkatkan vitalitas. Aroma dari minyak alami ini akan meningkatkan vitalitas tubuh selama seharian penuh jadi tidak mudah lelah dan merasa mengantuk.

Selain efektif untuk orang sehat, minyak alami ini juga baik bagi penderita sindrom kelelahan kronis.

6. Meringankan alergi

Kehadiranessential oil alami tidak hanya baik untuk menjaga aroma tubuh dan ruangan agar tetap wangi sepanjang hari karena sifat anti-bakteri dari peppermint oil baik untuk meringankan alergi.

Agar terhindar dari gejala alergi di masa datang, fungsikan essential oil peppermint denganessential oil  eucalyptus serta clove oil.

7. Campuran shampo

Sifatnya sebagai antiseptik baik, peppermint ini termasuk essential oil yang bagus untuk rambut, mengatasi masalah ketombe dan kutu.

Adapun cara membuat essential oil peppermint untuk campuran shampo adalah dengan menambahkan 2-3 tetes essential oil peppermint pada kondisioner atau shampo untuk membantu membersihkan kulit kepala dan merangsang kesehatan kulit kepala.

8. Membantu penderita ADHD

Salah satu cara alami meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi anak adalah dengan memercikkan essential oil peppermint di pakaian anak sebelum mereka belajar. Bisa juga dengan mengoleskan setetes essential oil peppermint ke bawah hidung atau lidah anak.

9. Anti gatal

Rasa gatal yang timbul tenggelam tentunya membuat tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu pekerjaan dan aktivitas lainnya.

Atasi segera dengan mengoleskan essential oil lavender yang dicampur peppermint oil, jika ingin merasakan sensasi hangat maka essential oil-nya bisa dihangatkan terlebih dahulu.

10. Mengurangi demam

Banyak orang yang menggunakan essential oil peppermint untuk menurunkan demam anak.

Cukup campurkan minyak alami ini dengan minyak kelapa secukupnya kemudian oleskan merata di leher orang yang demam.

Manfaat peppermint oil sangatlah banyak, bahkan bisa digunakan untuk kecantikan seperti merawat jerawat berkat kandungan anti-mikrobanya. Setelah mengetahui semua manfaat tersebut, kita bisa menggunakan minyak alami ini dengan cara yang lebih bijaksana.

Untuk hasil perawatan optimal, gunakan essential oil peppermint secara teratur tanpa tambahan bahan kimia.


Refrensi:

Peppermint: Health benefits and precautions https://www.medicalnewstoday.com/articles/265214.php?sr diakses 2 Januari 2018.

Write a Comment